Senin, 14 April 2014

Harddisk Error? Solusi?

Memang seperti kata teman saya, masalah harddisk seperti ini  seperti bom waktu yang bisa meledak kapan saja, tinggal tunggu waktunya. Lebay memang, tapi itulah yang sekarang sedang saya alami, komputer saya bisa nge-hang kapan saja dia mau. Harddisk ngambek seperti ini memang sering terjadi apalagi kalau aliran listrik yang masuk ke PC/komputer tidak stabil.

Selain itu mungkin ada faktor-faktor lain, seperti misalnya kabel SATA yang rusak. Hal itupun dulu pernah saya alami. Sudah pusing mencari problem apa yang terjadi sama si harddisk, eh ternyata kabelnya yang bermasalah, bagian colokan kabel yang menyambung ke harddisk  ada yang patah sehingga longgar dan akhirnya copot. Entah apa penyebabnya.
Lalu bagaimana kalau memang harddisknya yang rusak? Seperti yang saya alami sekarang, harddisk kadang gagal atau lemot untuk membaca dan menulis data, malah kalau dipaksakan komputer bisa berhenti bekerja, layarnya bisa nge-blank berwarna hitam. Kalau sudah begini saya tidak bisa berbuat apa-apa.

SOLUSI? Seperti yang saya bilang barusan, saya tidak bisa berbuat apa-apa. Hal yang bisa saya lakukan hanyalah mematikan komputer dan berdoa. Dan ajaibnya, doa saya seringkali terkabul. Saya biasanya menunggu beberapa jam sebelum menghidupkannya kembali bahkan kadang baru dinyalakan besoknya kalau memang komputer tidak sedang ada keperluan untuk dipakai (menurut pengalaman saya, bila langsung dinyalakan harrdisk masih error, malah gagal booting) dan VOILA ! harddisk normal kembali… entahlah, saya juga tidak terlalu yakin apakah itu karena doa saya haha. Biasanya setelah hidup kembali, harddisk melakukan checkdisk untuk  me-recover  bad sector. Dan sekali lagi, komputer bisa digunakan sambil menunggu dengan was-was jangan sampai nge-lag lagi saat saya sedang mengerjakan tugas penting. Huhu.
Kejadian seperti ini sudah berungkali terjadi dan entah sampai kapan. Mungkin sampai saya punya harddisk baru. HAHAHAHA. Doakan saja.

Note: Maaf kalau akhirnya tulisan saya ini tidak memberikan solusi apa-apa. Menurut saya sih yang paling penting MUNGKIN adalah melakukan checkdisk rutin pada harddisk dan pastikan anda membeli harddisk dengan kualitas yang baik agar kejadian seperti ini dapat diminimalisir, serta pastikan aliran listrik yang masuk ke komputer atau harddisk tetap stabil dan tidak sering mati. Iya, salahkan saja terus PLN. 


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Mau lebih seru lagi? coba pencet Ctrl + D trus klik Done/Ok !

Lagi Viral !

Masih Panas !