Selasa, 29 Desember 2015

Peluang Bisnis Di Tahun Jaman Sekarang

Peluang bisnis jaman sekarang


Kondisi perekonomian Indonesia sedang lesu karena semakin melonjaknya harga dollar Amerika. Ada kekhawatiran akan melemahnya daya beli masyarakat karena hal tersebut. Meskipun demikian, peluang-peluang bisnis yang diprediksi akan membawa keuntungan di tahun yang akan datang tetap ada. Belum lagi tahun depan, ASEAN akan memulai Free Trade Area. Tentunya hal ini akan menambah peluang usaha dan juga tantangan bisnis di tahun 2016. 
Pantes Obama suka makan bakso
Lalu tren bisnis apakah yang akan berkembang di tahun 2016 mendatang, berikut ini diantaranya : 




1. Bisnis e-Commerce
Tak bisa dipungkiri, perkembangan dunia teknologi dan informasi saat ini telah mempengaruhi peluang bisnis sebagian besar oran. Bisnis e-commerce ini memang jadi sangat menjanjikan karena semakin bertumbuhnya pengguna internet baik melalui desktop pc ataupun mobilephone atau smartphone. Situs-situs seperti Lazada, Zalora ataupun Tokopedia mulai menjamur di internet.
Winny Putri Lubis, pengusaha cantik asal Medan
Tidak hanya itu, semakin pintarnya pengguna internet juga melahirkan agency-agency digital yang menawarkan jasa optimasi mesin pencari atau digital marketing juga meramaikan bisnis e-commerce belakagan ini. Sebuah publikasi dari situs eMarketer menunjukan bahwa sampai tahun 2017 perkembangan pasar e-commerce ASEAN akan bertumbuh pada angka 25%. Angka ini tergolong sangat besar jika dibandingkan dengan Amerika dan Eropa. Oleh karena itu, bisnis e-commerce sedianya masih akan menjadi primadona di tahun 2016.
2. Jasa angkutan dalam kota
Permintaan akan jasa transportasi yang dinamis, cepat dan dapat diandalkan semakin meningkat tiap tahunnya terutama di kota-kota besar yang kental dengan suasana macet. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya kesadaran akan menggunakan transportasi umum di kalangan masyarakat. Contoh yang paling nyata adalah semakin banyaknya masyarakat yang mengunduh dan menggunakan aplikasi-aplikasi jasa angkutan umum seperti Gojek, Grab Taxi dan sejenisnya. Tidak hanya itu, animo para pengemudi dalam mendaftarkan diri sebagai bagian dari bisnis jasa angkutan tersebut membuat kedepannya jasa angkutan akan memiliki potensi bisnis yang besar.
Bisnis Go-jek yang fenomenal
3. Bisnis di Bidang Pariwisata
Tidak dipungkiri taraf hidup makin tinggi dan semakin banyak orang yang menyadari pentingnya atau merasa bahwa berwisata adalah kebutuhan. Bisnis travel menjadi salah satu opsi bisnis yang bisa Anda lirik sebagai bisnis di tahun 2016. Dari banyaknya pengunjung di setiap pameran wisata yang diselenggarakan berbagai pihak baik dari pemerintahan atau perusahaan jasa angkutan, menggambarkan bahwa bisnis di bidang pariwisata adalah salah satu bisnis yang memiliki jumlah potensi pasar yang sangat banyak dan luas. Meskipun ekonomi yang tengah menurun, data dari Kementerian Pariwisata menunjukan bahwa terjadi kenaikan jumlah wisatawan di tahun 2014 meski dengan jumlah yang kecil. Namun hal ini mengindikasikan bahwa, peunurunan kondisi ekonomi ternyata tidak terlalu mempengaruhi potensi pasar bisnis di bidang pariwisata. Bisnis di bidang pariwisata sendiri punya banyak cakupan – apakah Anda sebagai planner, penyedia tiket transportasi, penyedia tempat wisatanya sendiri dan sebagainya. Silakan pilih yang sesuai dengan Anda.
4. Food and Beverage
Ini adalah bisnis klasik yang sepertinya tidak akan kehilangan pasar meskipun zaman dan kondisi ekonomi berubah setiap waktu. Makanan adalah kebutuhan primer setiap manusia dan setiap manusia senang sekali bereksplorasi soal rasa dan beragam wujud makanan. Hampir setiap tahun ada saja jenis makanan baru atau makanan dari suatu daerah tertentu yang belum terlalu dikenal kemudian ‘diangkat’ ke permukaan. Setiap tahun ada banyak bisnis waralaba baru yang bahkan merupakan makanan khas yang mengandung nilai sejarah dan sebagainya. Ingat saja prinsipnya: Makanan yang enak dan / atau punya ‘fans fanatik’ pasti bisa bertahan. Anda bisa memulai bisnis kuliner di tahun 2016 dengan beragam ide makanan yang memanjakan perut ini. Coba perhatikan makanan-makanan khas atau Anda punya resep sendiri? Silakan mencoba.
Bisnis makanan gini memang paling laku
5. Advertising dan Publishing
Periklanan sedang marak di dunia global dan bisnis ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan karena hampir semua bisnis yang telah disebutkan di atas butuh promosi. Yang lebih menariknya lagi adalah biaya promosi dari suatu usaha biasanya bahkan memakan dana cukup banyak. Jadi, Anda bisa bayangkan berapa banyak yang diperoleh orang-orang advertising dan publishing? Apalagi jika Anda bisa berpikir kreatif dan punya konsep yang tidak konvensional, hmm. Pasarnya akan jauh lebih banyak lagi yang bisa Anda kuasai dan Anda bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya. Tidak harus media besar, melalui blog yang dibangun secara profesional juga bisa sebagai media publishing yang menguntungkan.
    
Bisnis periklanan yang unik di Tiongkok dimana brosur iklan ditempelkan pada paha wanita cantik untuk menarik perhatian (terutama kaum lelaki)
6. Start up technopreneur
Semakin berkembangnya inovasi di bidang teknologi dan informasi ternyata juga mempengaruhi perkembangan bisnis. Rupanya ini adalah suatu celah dan kesempatan yang dapat dimanfaatkan banyak pengembang aplikasi atau sebut saja technopreneur. Saat ini semakin banyak permintaan pembuatan aplikasi untuk menunjang kegiatan perusahaan. Apakah itu aplikasi untuk mengelola SDM, aplikasi untuk mengelola keuangan atau aplikasi lainnya yang bersifat M2M. Belum lagi semakin banyak kota-kota di Indonesia yang mulai menerapkan konsep smart city. Sehingga tahun 2016 bisa menjadi tahun para technopreneur dalam mengembangkan sayap bisnisnya dengan inovasi-inovasi yang dapat mereka buat.

 

7. Business Consulting
Kondisi perekonomian dunia yang tidak menentu membuat banyak pengusaha, terutama yang usahanya sedang berkembang, membutuhkan sebuah jasa konsultasi bisnis. Konsultan bisnis menyediakan konsultasi manajemen untuk membantu organisasi meningkatkan kinerja dan efisiensi. Para profesional ini menganalisis bisnis dan menciptakan solusi dan juga membantu perusahaan memenuhi tujuan mereka.
Konsultan bisnis masa kini
8. Franchise (waralaba)
Waralaba merupakan salah satu peluang bisnis 2016 yang mempunyai prospek sangat menjanjikanUsaha waralaba semakin banyak dilirik para pebisnis, karena usaha ini sangat cocok dijalankan dimanapun khususnya oleh pebisnispemula yang minim pengalaman dan skill tentang usaha tersebut. Jika ingin memulai usaha waralaba, sebaiknya carilah waralaba yang sudah bermerk terkenal.
Tentu Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis ini karena tinggal menduplikasi konsep bisnisnya yang telah teruji.  Apalagi sebagai pemegang merk dari produk inovasi yang Anda ciptakan, maka Anda akan berpeluang untuk mendapatkan kesuksesan besar.
Mungkin anda bisa memilih usaha waralaba makanan, sebab salah satu usaha waralaba yang menjanjikan ditahun 2016 adalah waralaba makanan.
pisang-ijo-justmine-enterpreneur
Riezka, Jual Pisang Ijo Raup Omzet Ratusan Juta
Sangat banyak sekali bisnis kuliner dengan sistem waralaba yang bisa dijalankan. Salah satu Bisnis kuliner yang akan marak adalah jualan frozeen food atau makanan olahan beku.
Keuntungan dari bisnis ini adalah proses pemasaranya bisa dijalankan secara online maupun offline. Jika anda bisa menjalankan bisnis ini secara online maka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang besar akan terbuka lebar.
9. Bisnis Musiman dan pelayanan
Bisnis musiman ini memang tidak dapat dikerjakan sepanjang tahun melainkan hanya dalam kurun waktu tertentu saja. Salah satu ide usahanya adalah berjualan gamis dan jilbab lebaran yang tengah menjadi trend, memasarkan kue-kue kering lebaran ataupun natal, berjualan jersey saat musim piala dunia, dan lain-lain. Peluang bisnis musiman ini mempunyai prospek yang sangat bagus dan bisa menghasilkan keuntungan sangat besar apabila anda pintar dalam menangkap peluang usaha ini. Selain itu bisnis pelayanan merupakan bisnis yang akan marak selanjutnya, seperti bisnis pencucian tas atau sepatu.
Seorang wanita menawarkan layanan charging portable
Nah, demikianlah inspirasi peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2016 dan prospeknya. Sebelum anda memulainya sebaiknya perhitungkan dulu untung, ruginya dan berapa modal yang dibutuhkan. Agar bisnis anda berhasil, sebaiknya buatlah produk yang unik dan cara pemasaran yang kreatif.



Sumber : zahiraccounting.com

1 komentar :

Mau lebih seru lagi? coba pencet Ctrl + D trus klik Done/Ok !

Lagi Viral !

Masih Panas !