Minggu, 07 Juni 2015

Berapa Jumlah Kalori Di Makanan Anda?

Kalori adalah satuan unit yang digunakan untuk mengukur nilai energi. Kandungan kalori dalam makanan tergantung pada kandungan karbohidrat, protein dan lemak yang terdapat pada makanan tersebut. 

Lemak menghasilkan kalori paling banyak, yaitu 9 kalori / gram. Sedangkan karbohidrat dan protein mengandung 4 kalori setiap gramnya. Makanan yang mengandung banyak lemak adalah makanan yang mengandung tinggi kalori. Sebaliknya, makanan yang mengandung air tinggi seperti buah - buahan dan sayuran memiliki kadar kalori yang rendah.

cewek ngemut pisang
               Terdapat 105 kalori dalam Pisang (1 sedang).
               Rincian Kalori: 3% lemak, 92% karb, 5% prot.

Masih bingung? Untuk mempermudah, berikut adalah gambar macam-macam makanan yang disetiap piringnya tepat mengandung 200 kalori. Mari kita bandingkan... 

200 kalori

What 200 calories looks like.

perbandingan 200 kalori makanan

Jadi, semakin tinggi kandungan lemak dalam makanan maka akan menyumbangkan banyak kalori ditubuh kita (dapat dilihat diatas, bahwa sekitar 23 gram margarin --yang notabene full lemak-- setara dengan satu piring penuh sayuran yang mengandung macam-macam kandungan makanan lainnya, terutama air) Tapi perlu diingat bahwa tubuh kita tidak hanya membutuhkan lemak tetapi juga unsur penting lainnya dalam makanan seperti karbohidrat, protein, vitamin dan lainnya.

1 komentar :

Mau lebih seru lagi? coba pencet Ctrl + D trus klik Done/Ok !

Berita Terpopuler