Kamis, 10 Juli 2014

Daftar Penghasilan Profesional Muda Indonesia Tahun 2015

Di dunia ini pria harus dan diwajibkan untuk menjemput rizki. Baik dengan cara berdagang, ataupun bekerja. Karir bagi seorang pria adalah pilihan, fokus dan perjalanan yang panjang, tak jarang beberapa pria mengambil jalan yang salah dan berakhir depresi. Ditambah lagi kondisi jalanan ibukota yang jauh dari mendukung dalam pengembangan karir.
Tahun 2015 persaingan akan semakin ketat, lulusan baru mengisi posisi-posisi baru perusahaan yang semakin sedikit, belum lagi generasi tua yang menolak pensiun dan jangan lupa permainan-permainan kotor di dunia pekerjaan. Lalu apakah masih celah pekerjaan yang berpenghasilan tinggi dengan load stress yang seimbang. Tentu saja masih, berikut kami bocorkan untuk anda.

\



(Perhitungan kami berdasarkan kondisi lapangan dan kesempatan masuknya first graduate ke dalam posisi tersebut)

10. Agen Properti


Agen properti kami masukkan dinomer 10, karena memiliki barrier entry yang mudah (lulusan SMP atau SMA pun bisa) namun tidak mudah menjalankannya. Agen properti biasanya mendapatkan pendapatan dari komisi sewa, jual dan leasing bangunan. Normalnya mereka mengambil 2,5%-3,5% dari harga sewa dan jual bangunan. Ditambah kesempatan untuk memarkup harga bangunan dan bonus dari perusahaan agen properti. Ditambahan harga properti indonesia khususnya jakarta tumbuh sangat mencengangkan, sebagai gambaran rumah di tahun 2008 lalu seharga Rp 200juta, sekarang di Rp 650juta di tahun 2014.

9. Engineer Tambang


Penghasilan engineer tambang adalah dari gaji tetap dan tunjangan hidup karena bekerja secara remote, rata-rata penghasilan first graduate mereka adalah 8 juta/bulan dengan besar tunjangan hidup yang bervariasi tergantung perusahaannya. Namun sangat disayangkan iklim industri pertambangan khususnya batubara sedang sangat lesu sejak tahun 2012 lalu. Plus lagi hidup secara remote sangat menyiksa pasangan rumah tangga yang pada akhirnya terjadi pos-pos pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan jika semuanya berjalan normal.
8. Akuntan dan Auditor


Akuntan dan auditor menempati urutan ke 9 karena hampir semua perusahaan kecil, menengah dan besar pasti membutuhkan jasa mereka. Gaji akuntan dan auditor sangat dipengaruhi oleh jam kerja-nya atau berdasarkan jam lemburnya. Auditor perusahaan akuntan publik seperti PWC, EY, KPMG dan Deloitte memiliki entry gaji yang hampir sama antara 4,5jt-6jt namun tarif lembur mereka yang berbeda. Rata-rata para akuntan publik mengantongi THP sekitar 12juta-16juta dalam 1 bulannya. Namun ini tidak berlaku untuk kantor akuntan publik kelas kecil menengah.
7. Internet Marketer


Sebenarnya ini sangat debatable karena ilmu ini sangat baru, muda dan sangat rancu apakah ini dapat dikatakan sebuah ilmu atau hanya turunan dari marketer secara universal. Tapi hampir dipastikan porsidigital marketing akan sangat besar di 2 hingga 3 tahun mendatang dan akan dominan di 5 tahun ke depan. Para internet marketer ini terkadang lebih sering dikaitkan dengan freelance atau independent consultant karena dari trik dan strategi mereka para IM professional dapat bekerja dari rumah dan mendapatkan 15-20juta secara mudah dengan bermodalkan komputer, kopi dan google. Minus dari pilihan karir ini adalah anda terlihat seperti pengangguran, dan anda harus memiliki disiplin kerja yang mandiri karena jika anda kendor dan tidak konsisten maka say good bye dengan pendapatan anda.
6. Tech Engineer dan IT Professional


Jika berbicara tentang IT mister yakin banyak yang protes karena cakupan IT sangat luas, yang kami maksud IT professional dan tech engineer disini adalah mereka yang mempunyai keahlian SPESIFIK yang TERSTANDARISASI dan memiliki LICENSE seperti CISA, ORACLE, SCRUM atau CCNA dan turunannya dari CISCO. Sedangkan tech engineer sangat bervariasi dari insinyur teknologi nano, teknologi robotic untuk manufacturing ataupun engineer di bidang kedirgantaraan seperti pesawat dan helicopter. Gaji mereka sangat bervariasi dari 20juta-200juta rupiah. Karena dunia technology sangat luas dan sangat cepat maka barrier of entry sebagai professional sangat sulit, sangat dinamis dan sangat cepat. Jika anda hanya lulusan S1 IT jangan terlalu banyak berharap dengan gaji diatas 5 juta untuk first graduate ada baiknya anda mengambil beberapa license sebelum anda terjun lagi di industri ini. Minusnya jarang ada perusahaan yang memberikan uang lembur untuk pekerja IT dan troubleshoot yang tidak mengenal waktu.
5. Dokter Spesialis


Dokter spesialis selalu memiliki porsi di 5 gaji terbesar hampir di setiap negara. Sangat berbanding terbalik dengan dokter umum yang menjalankan general practice karena hampir dipastikan anda akan makan hati dengan pendapatan yang tidak lebih besar daripada supir taxi bahkan tukang parkir. Sangat mengenaskan karir seorang dokter di Indonesia jika anda tidak mengambil gelar spesialis. Tuntutan hukum, caci maki dan keluhan akan anda dengarkan setiap harinya sangat tidak sepadan dengan biaya dan lama waktu menempuh ilmunya. Anda harus memiliki mental baja dan rasa pengabdian yang begitu besar.
Namun semua ini akan terbayar jika anda berhasil meraih gelar spesialis, spesialis kulit, jantung dan bedah di Indonesia dengan mudah dapat mengantongi 25-50juta dalam sebulan. Bahkan semakin lama anda berkarir di dunia ini akan semakin mahal harga anda, jangan kaget jika ada dokter spesialis yang memiliki pendapatan 250juta rupiah di umurnya yang ke 40 tahun. Minus dari pilihan pekerjaan ini adalah entry level yang sulit dan sangat dekat dengan tuntutan hukum.
4. Pilot


Entry level yang cukup mudah asal anda memiliki modal uang, keterampilan dan kesehatan menjadikan pilot menjadikan pilihan karir yang sempurna. Dengan gaji yang hampir menyentuh angka 15juta untuk first officer dan 70juta untuk captain membuat pilihan ini semakin indah. Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang membentang dari sabang sampai merauke hampir dipastikan industri transportasi udara sangat memegang peranan penting untuk kesatuan negara. Indonesia sendiri melalui Lion Air dan Garuda Indonesia adalah client yang sangat potential untuk produsen pesawat dunia sekelas Airbuss dan Boeing, dibuktikan dengan pembelian pesawat terbanyak dalam kurun waktu 2013 yang akan dijadwalkan terus bertambah hingga tahun 2025. Low down dari pekerjaan ini adalah anda harus selalu bugar dan fit tidak boleh ada kecacatan kesehatan dari diri anda. Jika anda kurang beruntung dan memiliki kelainan jantung di usia 29 maka tamatlah karir anda.
3. Pengacara 


Pengacara muda terlebih corporate lawyer memiliki basic salary dan uang lembur yang sangat menggiurkan. Law firm di Indonesia seperti HHP memberikan anda THP rata-rata 15-25juta per lawyer per bulan. Tapi dunia ini memiliki ritme kerja yang berat anda dituntut untuk menjadi workaholic dengan tingkat stress yang tinggi. Jangan tanya penghasilan anda jika anda sudah berhasil menjadi partner.
2. Engineer Oil and Gas

Sudah bukan rahasia lagi jika bekerja di sektor oil and gas memberikan kita segudang fasilitas dari besar gaji yang menarik, tunjangan hari tua dan kesehatan yang baik, dan juga karir yang pasti. Rentang gaji dan jabatan yang berjenjang pun sangat adil jika dilihat dari luar dari 8juta berjenjang hingga 100juta. Pekerjaan yang tidak membosankan dan menantang menjadikan karir ini sangat maskulin, dengan rotasi yang masih masuk akal 2 minggu off work.
1. Financial Service Executive (Banker, Investment Banker, Trader, Investment Manager)

Jika anda membayangkan hidup anda menggunakan jas rapi berdasi dan terlihat sangat penting setiap hari, maka pekerjaan ini cocok untuk anda. Tidak ada yang lebih menyenangkan mengendalikan sebuah bisnis dari area paling atas, berdiskusi dengan top executive perusahaan. Membeli sejumlah saham diharga murah, memvaluasi perusahaan dan terbang dari 1 negara ke negara lainnya untuk rapat tahunan. Walau entry level pekerjaan ini termasuk sulit namun hal ini masih sangat dimungkinakan dengan modal lulusan universitas terbaik dengan nilai terbaik dari fakultas terbaik. Starting gaji bisnis konsultan di Boston Consulting Group adalah 40juta dan anda diwajibkan untuk berwawasan luas dan fluent dalam berbahasa inggris. Mungkin ditambah bahasa china dan arab..
Sekian, semoga dapat menginspirasi kaum muda yang ingin terus berkarya demi kemajuan Indonesia kita tercinta bla bla bla

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Mau lebih seru lagi? coba pencet Ctrl + D trus klik Done/Ok !

Berita Terpopuler