Selasa, 09 Oktober 2018

Fakta Dibalik Gaya Rambut Chonmage Alias Botak Depan Ala Samurai

Hasil gambar untuk one piece kinemon wano
Gaya potongan rambut chonmage berasal dari era nara sampai sekitar awal zaman Meiji (1868-1912)Menurut Pola Research Institute of Beauty & Culture, ada berbagai teori tentang asal-usul gaya rambut Chonmage. Teori yang paling masuk akal adalah bahwa gaya rambut tersebut berasal dari hondamage, yang merupakan penyebaran gaya rambut diantara kalangan samurai di bawah Honda Tadakatsu, seorang jenderal dari Jepang dan kemudian menjadi daimyo. Hondamage sangat populer pada tahun 1772 hingga 1781, dan ada delapan variasi yang dikenakan sesuai peringkat dan gayanya.
Dahulu kala, gaya potongan rambut semacam ini awalnya dimaksudkan untuk menahan helm samurai (kabuto) agar tetap pada tempatnya ketika dalam pertarungan. Bagian di atas dahi yang dibotaki memberikan keuntungan untuk helm agar pas dengan kepala. Dengan rambut yang lebih sedikit, maka samurai juga tidak akan mudah kepanasan ketika sedang mengenakan helm.
Helm Kabuto

Bentuk Kabuto bermacam-macam. Mulai yang simpel hingga rumit. Kabuto juga diberi berbagai hiasan. Ada yang berbentuk tanduk, bulan sabit, kupu-kupu, hingga capung. 
Karena samurai dianggap memiliki status tinggi di masyarakat, chonmage kemudian menjadi simbol akan status tersebut. Ketika masuk pada era edo, gaya potong rambut chonmage dianggap layak & baik. Kerapian gaya potong rambut bahkan dianggap sangat penting sehingga seniman biasanya menggambarkan orang yang tidak terhormat dengan potongan rambut yang acak-acakan.
Pada abad ke-19, chonmage menjadi kuno karena pengaruh budaya dari negara-negara asing. Gaya potong rambut chonmage sayangnya tidak tampak diterima dengan baik oleh pengamat Eropa. Pada tahun 1836, ada contoh dimana dua orang siswa yang mengenakan topi berusaha menutupi chonmage mereka karena diejek ketika sedang berada di Belanda. Namun ketika menonton teater mereka harus melepaskan topi agar tidak menghalangi penonton yang berada dibelakang mereka. Hal ini menjadikan seisi teater dipenuhi oleh orang yang tertawa dan cerita ini muncul di berita utama koran keesokan harinya. 
Akhir-akhir ini, chonmage masih dapat dilihat pada pegulat sumo, namun dengan sedikit variasi yang berbeda. Pegulat sumo menggunakan chonmage tanpa bagian dahi atas yang dibotaki. Pegulat sumo yang telah mendapatkan kedudukan setingkat sekitori (salah satu level tertinggi sumo) terkadang akan menggunakan chonmage dengan gaya oicho yang memiliki ciri khas bagian ikatan atas yang ujungnya dibentuk menyerupai kipas. Penata rambut khusus yang disebut dengan tokoyama adalah yang biasanya mempersiapkan gaya potong rambut para pegulat sumo.
Namun saat ini model rambut ini boleh menjadi pilihan Anda untuk gaya yang lebih santai.
Hasil gambar untuk samurai bun
Adapun hal pertama yang wajib jika ingin model rambut samurai bun adalah, rambut Anda harus panjang, jangan botak.
Setelah itu, ambil beberapa helai bagian tengah rambut lalu menggulungnya dan menjepit.
Kreasi samurai bun ini tidak hanya diminati para wanita, beberapa pria juga ada yang sengaja memanjangkan rambut mereka dan membuat kreasi serupa. Dengan tampilan tersebut, para pria terlihat lebih maskulin, keren, nyentrik, dan terkesan jantan.
Bagi para wanita yang ingin mengikuti gaya ini harus memerhatikan bentuk potongan rambutnya agar hasil yang ditampilkan lebih sempurna. Anda bisa mengkreasikan samurai bun sesuai gaya Anda.

Hasil gambar untuk samurai bun

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Mau lebih seru lagi? coba pencet Ctrl + D trus klik Done/Ok !

Lagi Viral !

Masih Panas !