Sabtu, 17 Mei 2014

Menu Sarapan Yang Buruk



Meski sarapan sangat penting untuk menunjang aktivitas selama seharian, bukan berarti Anda boleh memilih menu secara sembarangan.

Pilihlah menu yang sehat, karena sarapan yang sehat dapat mengurangi risiko berbagai macam penyakit, seperti kanker dan diabetes. Untuk mulai hidup sehat, sebaiknya hindari tujuh makanan berikut ini sebagai menu sarapan Anda.

Bacon, Ham, dan Sosis


Makanan olahan memiliki nitrat yang umumnya dikaitkan dengan kanker kolorektal (usus besar dan rectum). Menghindari nitrat, menurut Institute for Cancer Research, adalah satu dari 10 hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena kanker. Bagi penyantap daging saat sarapan, sudah waktunya memilih opsi lain.


Sereal bergula




Beberapa sereal mengandung gula dan karbohidrat dalam jumlah banyak. Ketika Anda menyantapnya, gula darah dalam tubuh Anda akan dengan cepat naik dan turun lagi. Agar tetap fit, hindari sereal seperti ini. Akan lebih baik lagi bila Anda memilih sereal dengan serat tinggi dan protein. Anda bisa menambahkan kenari bila ingin mendapatkan tambahan protein dan serat.


Pancake kemasan dengan sirup maple buatan





Sirup maple yang asli merupakan pemanis alami. Namun, sirup maple yang beredar di pasaran yang menggunakan sirup jagung dengan fruktosa tinggi. Pemanis buatan ini umumnya banyak terdapat dalam makanan kemasan dan olahan. Sirup jagung berfruktosa tinggi dapat menyebabkan kegemukan di bagian perut dan lemak visceral, yang disimpan di antara organ tubuh. Lemak inilah yang dapat menimbulkan kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam sebuah jurnal juga menyebutkan, konsumsi sirup jagung dengan fruktosa tinggi bisa menyebabka diabetes.


Pastri panggang dan donut




Makanan ini bukan hanya mengandung tepung putih yang dihaluskan, melainkan juga gula dalam jumlah banyak. Gula merupakan zat yang buruk untuk permulaan hari, karena bisa menaikkan gula darah Anda secara cepat. Ini berarti Anda akan lebih cepat lapar dan membuat Anda berisiko terkena penyakit gula darah tinggi, obesitas, dan diabetes. Yang juga penting Anda ketahui, para peneliti percaya gula dan penyakit kanker berkaitan erat.


Sandwich kemasan yang bisa dipanaskan



Perlu diingat, sandwich kemasan biasanya mengandung pengawet dan sodium. Sebetulnya, Anda bisa memilih cara yang lebih sehat, yaitu dengan membuatnya sendiri.


Yogurt



Bisa jadi, menu yang beragam rasa ini memiliki kandungan kalori yang sedikit. Namun, biasanya yogurtdiberi pemanis buatan dan bahan kimia. Sebaiknya, pilihlah yogurt yang rendah lemak.


Muffin



Makanan yang satu ini dianggap sebagai menu sarapan dengan kalori paling tinggi. Sebab, selain teksturnya sangat padat, bahan pembuatnya pun sebetulnya banyak yang tidak Anda butuhkan, yaitu tepung putih, minyak atau mentega, serta gula dalam jumlah banyak. Namun, bila Anda tidak punya pilihan lain, cukup santap 200 gram muffin.




Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Mau lebih seru lagi? coba pencet Ctrl + D trus klik Done/Ok !

Lagi Viral !

Masih Panas !